Cara Menonaktifkan Head lamp Menggunakan Relay - Modifikasi Rider

Breaking

Cara Menonaktifkan Head lamp Menggunakan Relay

Setelah sebelumnya kita membuat rangkaian bagaimana cara mematikan lampu utama tanpa switch, kali ini kita akan mempraktekannya langsung pada motor menggunakan gambar-gambar sesuai komponen aslinya, hal ini dimaksudkan agar para juragan yang belum terbiasa mengenal simbol-simbol elektronika lebih mengena dalam membaca rangkaian. Untuk membuat rangkaian ini pada motor anda terlebih dahulu harus membuka Cup depan / batok motornya. Sebaiknya anda hati-hati dalam melakukan ini, kesalahan sedikit saja anda bisa membuat patah clamp-clampnya, jika clampnya sudah patah wassalam sudah.... cup depan motor kesayangan juragan bisa tidak dapat mengunci dengan sempurna akibatnya motor akan terasa berisik bila bertemu jalanan yang kurang bagus kalo kata orang sunda mah cupnya bisa goplak gitu... maklum lah indonesia jalanannya begitu deh, agan sudah tahu semua... apalagi buat para rider, jika motornya aja udah ga nyaman digunakan gimana mau semangat touring heeee, iya kan ??? maka dari itu alangkah baiknya anda cari tahu dulu bagaimana cara membuka cup depan motor agan khususnya motor bebek melalui mbah google, banyak kok tinggal searching saja.... Oke, jika sudah bisa membuka cupnya kita mulai menyediakan komponennya. komponen ini bisa didapatkan di toko-toko elektronika sekitar kota anda, komponen yang digunakan hanya dua macam yaitu :

  • Relay 12 vdc 2 common ( 8 kaki ) 1pc, harganya sekitar 10 - 20 rb Rupiah, Untuk mengenal sedikit tentang relay baca : fungsi relay dan cara kerjanya
  • Dioda 2A, 1pc, harganya sangat murah sekitar 250-500 Rupiah 





Untuk Merangkainya, dikarenakan Motor saya adalah Vario Techno Iss, wiring kelistrikannya yang saya gunakan tentunya punya Vario, namun ini tidak lah menjadi masalah karena jalur kabel yang akan kita modifikasi hanya daerah swith lampu low dan high saja.
Ini adalah wiring kelistrikannya

Ikuti petunjuk gambar dibawah ini, anda bisa menyambungkan kabel-dengan kabelnya menggunakan solder, dan ingat dimana saja ada sambungan maka harus ditutup dengan isloasi atau selubung bakar jika ada.


Fungsi dioda dimaksudkan agar arus mengalir satu arah saja menuju coil relay, pada saat switch low aktif maka high lamp tidak tidak ikut menyala, dan fungsi relai sebagai pengunci kontak yang akan menghubungkan arus menuju low lamp pada saat menghidupkan switch high.
Mudahkan selamat berkreasi dengan motor kesayangan anda......

4 comments:

  1. Ane kurang paham tutorialnya gan..

    ReplyDelete
  2. bikin lampu taman otomatis juga gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake timer gan, sekaligus pake solenoid valve sebagai penyemprot air otomatis yg diaktifkan pake timer juga

      Delete